Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi (PTI), FKIP Universitas Lampung telah melaksanakan kegiatan pembekalan pelaksanaan PI secara daring pada Hari Jumat, 3 Juli 2020. Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Dr. Undang Rosidin, M.Pd. selaku Ketua Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Lampung, Bapak Wayan Suana, M.Si. selaku Ketua PS PTI, dosen-dosen pembimbing, serta para mahasiswa peserta PI. Adapun mahasiswa yang mengikuti kegiatan PI pada tahun ini berjumlah sembilan orang, mereka adalah mahasiswa angkatan pertama dari prodi yang baru berjalan selama tiga tahun ini. Seluruh mahasiswa melaksanakan PI di instansi/perusahaan yang dekat dengan tempat tinggal mereka masing-masing.

Disampaikan oleh ketua PS PTI dalam laporannya bahwa magang PI ini adalah mata kuliah wajib di PS PTI dengan bobot 2 (0-2) sks yang dapat ditempuh setelah mahasiswa menyelesaikan minimal 100 sks. Lebih lanjut dipaparkan bahwa tujuan dari PI ini, sebagaimana tercantum dalam buku panduan PI 2020 adalah 1) untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mempraktikkan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dipelajari selama mengikuti perkuliahan dan memadukannya dengan realitas dunia kerja, 2) melatih mahasiswa untuk belajar memahami dan memecahkan berbagai permasalahan yang terjadi dengan menggunakan keterampilan berpikir kritis dan kreatif, 3) menambah wawasan pengalaman dan keterampilan praktis mahasiswa terkait dengan dunia kerja, serta 4) untuk memperluas jaringan (networking) untuk memperkokoh eksistensi PS PTI dalam memenuhi kebutuhan pasar akan tenaga profesional bidang TI.

Dalam sambutannya, Ketua Jurusan PMIPA menyampaikan apresiasinya kepada PS PTI atas terlaksananya kegiatan PI di tengah situasi pandemi yang belum berakhir. Ketua jurusan yang sekaligus juga dosen pada PS Pendidikan Fisika ini berpesan kepada para mahasiswa agar dapat memanfaatkan kegiatan PI yang hanya berlangsung relatif singkat ini dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh sebelumnya. Melalui kegiatan magang PI ini, mahasiswa peserta PI juga diharapkan dapat mengikuti segala tata terbit dan aturan-aturan yang berlaku di tempat praktik masing-masing, melakukan praktik dengan sungguh-sungguh, serta dapat menjaga nama baik universitas dan program studi.