A. Identitas Diri

1

Nama Lengkap

Wayan Suana, S.Pd., M.Si.

2

Jenis Kelamin

Laki-Laki

3

Jabatan Fungsional

Lektor

4

NIP

198512312008121001

5

NIDN

0031128501

6

Tempat dan Tanggal Lahir

Bali Nuraga, 31 Desember 1985

7

E-Mail

wsuane@gmail.com

8

Nomor Telepon/HP

089668914447

9

Alamat Kantor

Jl. Sumantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung

10

Nomor Telepon/Faks

(0721) 704624

11

Lulusan yang dihasilkan

S1 = 30               S2 = 0               S3 = 0

12

Mata Kuliah yang diampu

1. Fisika Dasar I

2. Fisika Dasar II

3. Mekanika

4. Listrik Magnet

5. Fisika Sekolah II

6. Fisika Sekolah III

7. Instrumentasi Fisika

8. Bahasa Inggris Profesi

 

 

  1. Riwayat Pendidikan

 

 

S-1

S-2

S-3

Nama PT

Universitas Lampung

ITS Surabaya

Bidang Ilmu

Pendidikan Fisika

Fisika Instrumentasi

Tahun Masuk-Lulus

2004-2008

2010-2012

Judul Skripsi/Tesis/ Disertasi

Hubungan Minat dan Cara Belajar terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Kalianda

Pengembangan Sensor Napas Berbasis Serat Optik Plastik untuk Aplikasi di Bidang Medis

 

Nama Pembimbing/Promotor

Drs. I Dewa Putu Nyeneng, M.Sc & Drs. Chandra Ertikanto, M.Pd.

Dr. Melania S. Muntini, M.T & Agus M. Hatta, M.Si., Ph.D.

 

 

 

  1. Pengalaman Penelitian 5 Tahun Terakhir

 

No

Tahun

Judul Penelitian

Pendanaan

Sumber

Jml (Jt Rp)

1

2018

Pembelajaran Berbantuan Media Sosial dan Learning Management System untuk Membentuk Komunitas belajar dan meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Ketua)

DIPA BLU Unila

35

2

2018

Pengembangan program blended learning berbasis inkuiri dengan learning management system pada materi kelistrikan SMA (anggota)

Hibah PSN-Institusi Dikti

55

3

2017

Desain dan Implementasi Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Saintifik melalui Model Blended Learning (ketua)

DIPA BLU Unila

35

4

2017

Pengembangan program blended learning berbasis inkuiri pada materi kelistrikan SMA (anggota)

Hibah PPT DRPM

47

5

2016

Pengembangan perangkat pembelajaran Listrik Dinamis berbasis virtual experiment untuk kuliah teori dan praktikum terintegrasi (Ketua)

DIPA BLU Unila

10

6

2016

Pengembangan program pembelajaran pemanasan global untuk SMA dengan pendekatan saintifik (Tahun II, anggota)

Hibah Bersaing DRPM

55

7

2015

Implementasi Lesson Study dalam perkuliahan Fisika Dasar I untuk meningkatkan aktivitas kolaboratif dan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa (anggota)

DIPA BLU Unila

11

8

2015

Pengembangan program pembelajaran pemanasan global untuk SMA dengan pendekatan saintifik (Tahun I, anggota)

Hibah Bersaing DRPM

55

9

2014

Profil Mahasiswa Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Lampung Ditinjau dari Jalur Masuk (ketua)

DIPA BLU FKIP Unila

5,5

 

 

  1. Pengalaman Pengabdian Kepada Masyarakat 5 Tahun Terakhir

 

No

Tahun

Judul Pengabdian kepada Masyarakat

Pendanaan

Sumber

Jml (Jt Rp)

1

2018

Pelatihan pembuatan alat peraga bagi guru-guru di Kabupaten Lampung Selatan

BLU FKIP Unila

10

2

2017

IbM SDN 1 Sukabumi dan SDN 2 Sukarame mengenai pembelajan dengan pendekatan ilmiah melalui LSBS

Hibah IbM Dikti

40

3

2016

Pelatihan pembuatan modul interaktif berbasis LCDS bagi guru fisika SMA

BLU FKIP Unila

5

4

2015

Pelatihan praktikum bagi guru-guru IPA Lampung Selatan (anggota)

BLU Unila

5

5

2015

Pelatihan pemahaman konsep dan analisis miskonsepsi bagi guru-guru fisika SMA Pesawaran (anggota)

BLU FKIP Unila

5

6

2014

Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran IPA berbasis Pendekatan Saintifik bagi guru IPA (anggota)

BLU FKIP Unila

3,5

7

2014

Workshop Pengelolaan Laboratorium IPA Bagi Guru IPA SMP Kota B. Lampung (anggota)

Mandiri

3,5

 

 

  1. Publikasi Artikel Ilmiah dalam 5 Tahun Terakhir

 

No

Judul Artikel Ilmiah

Nama Jurnal

Volume/ Nomor/ Tahun

1

Supporting Blended Learning using Mobile Instant Messaging Application: Its Effectiveness and Limitations

International Journal of Instruction (IJI)

Vol. 12/ 1/ 2019

2

Development of Interactive E-book on Energy Resources to Enhance Student’s Critical Thinking Ability

Tadris: Jurnal keguruan dan Ilmu Tarbiyah

Vol. 3/ 2/ 2018

3

Students’ internet access, internet self-efficacy, and internet for learning physics: gender and grade differences

Journal of Technology and Science Education (JOTSE)

Vol. 8/ No. 4/ 2018

4

Design and implemetation of Schoology-based blended learning media for Basic Physics I Course (ketua)

Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPII)

Vol. 6/ No.1/ 2017

5

Pengembangan perangkat blended learning berbasis LMS dengan model inkuiri pada materi listrik dinamis (anggota)

Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika ‘Al-BiRuNi’

Vol. 6/ No. 1/2017

6

Pengembangan perangkat pembelajaran Listrik Dinamis berbasis virtual experiment untuk kuliah teori dan praktikum terintegrasi (ketua)

Jurnal Pendidikan Fisika

Vol. 5/No. 1/ 2017

7

Meningkatkan aktivitas kolaboratif dan pemahaman konsep mahasiswa

pada perkuliahan Fisika Dasar I melalui lesson study (ketua)

Jurnal EduMatSains

Vol. 1/ No. 1/ 2016

8

Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan pendekatan keterampilan proses (ketua)

 

Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika ‘Al-BiRuNi’

Vol. 5/ No. 1/2016

9

Mengungkap miskonsepsi mahasiswa tingkat akhir calon guru fisika terhadap konsep mekanika pada salah satu universitas di Lampung (ketua)

Jurnal Pendidikan MIPA

Vol. 15 / No.1/ 2014

 

 

  1. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation) dalam 5 Tahun Terakhir

 

No

Nama Temu Ilmiah/Seminar

Judul Artikel Ilmiah

Waktu dan Tempat

1

Seminar Nasional Hasil-Hasil Penelitian yang diadakan oleh LPPM Unila.

Desain LKS berorientasi pada HOTS dengan model blended learning

2018/ Bandar Lampung

2

International Conference on Multidisiplinary Studies

Internet Access and Internet Self-efficacy

of High School Students in Lampung

2017/ Serang

3

Seminar Nasional Pendidikan IPA

Pengembangan media blended learning berbasis Schoology pada perkuliahan Fisika Dasar I

2017/ Semarang

4

Seminar Nasional Pendidikan dengan Tema “mengubah mindset siswa mengenai sains dan teknologi melalui pendidikan karakter”

Perbandingan hasil belajar siswa antara menggunakan media interaktif berbasis LCDS dengan buku cetak (anggota)

2016/ Bandar Lampung

5

Seminar Nasional “Best Practices Lesson Study” bagi alumni STOLS for ITTEP to Japan 2014

Peningkatan aktivitas dan pemahaman konsep mahasiswa melalui lesson study (ketua)

2015/ Jakarta